Jumat, 07 Oktober 2011

Cara Mengaktifkan Otak Sepanjang Waktu Secara Otomatis

  • Jika Anda tidak menjaga pikiran Anda selalu aktif, studi menunjukkan bahwa otak Anda akan kehilangan beberapa fungsinya pada usia tua, yang menyebabkan kehilangan ingatan, ketidakseimbangan organ, dan bahkan penyakit Alzheimer.

.

Otak yang selalu dirangsang untuk aktif baik juga untuk mengangkat suasana hati Anda, dengan sendirinya akan membantu Anda merasa lebih baik dari dalam.

Berikut adalah 15 kegiatan yang mengaktifkan otak:

1. Bermain game yang menantang dan mengaktifkan pikiran Anda. Termasuk didalamnya:
* Puzzle gambar
* Permainan Strategi
* Puzzle Kata-kata
* Permainan Kartu
* Permainan pengurangan
* Puzzle visualisasi
* Ilusi Optik 

2. Membaca akan merangsang otak karena mengaktifkan imajinasi Anda. Membaca juga membantu memperkuat daya ingat dan mampu dalam pemecahan masalah, terutama jika Anda membaca sebuah cerita misteri. Juga, buku-buku pengembangan diri akan merangsang otak Anda dengan membantu anda untuk berpikir untuk diri anda sendiri, serta mencari solusi dengan pikiran Anda.

3. Berolahraga membantu melancarkan peredaran darah yang membawa banyak oksigen ke otak Anda. Dalam jangka panjang, olahraga terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak dan bahkan membentuk sel saraf yang baru.

4. Merangsang otak Anda dengan meditasi. Meditasi telah terbukti meningkatkan IQ, menghilangkan stres, dan memberikan tingkat yang lebih tinggi terhadap fungsi otak. Meditasi juga merangsang korteks prefrontal otak, daerah otak yang bertanggung jawab untuk maju, kemampuan berpikir dan kinerja.

5. Bernafas dalam membantu memberikan oksigen ke otak Anda. Oksigen membantu Anda menjadi lebih waspada dan terjaga. Sedikitnya 10 sampai 15 menit bernapas dalam setiap hari dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

6. Mengkonsumsi suplemen minyak ikan secara harfiah merupakan bahan baku untuk jaringan otak .. Dua komponen utama dalam minyak ikan, DHA dan EPA, memperkuat pusat emosional otak dan meningkatkan fokus.

7. Studi juga membuktikan bahwa mendengarkan musik dapat memperkuat belahan otak kanan dan benar-benar mengaktifkan bagian disana. Juga, orang-orang yang mendengarkan musik akan memperlihatkan kecerdasan emosional yang lebih daripada mereka yang tidak melakukannya.

8. Menulis ekspresi akan meningkatkan memori dan berpikir. Menulis artikel, blog, atau entri jurnal merangsang proses berpikir, yang juga meningkatkan fungsi otak.

9. Tidur akan membersihkan kekacauan yang terjadi di otak dan mengurangi kabut otak. Bila Anda tidak memperoleh tidur yang cukup di malam hari, memori dan fungsi otak yang normal akan menderita.

10. Lukisan dianggap sebagai booster otak yang efektif dalam hal untuk mengekspresikan kreativitas dalam diri Anda. Bahkan jika Anda belum pernah mencoba melukis sebelumnya, Cobalah. Anda akan menemukan bahwa Anda merasa lebih kreatif dan benar-benar dapat menikmatinya.

11. memulai hari dengan sarapan yang baik telah terbukti dapat memasok energi ke otak dan tubuh sepanjang hari. Bila Anda melewatkan sarapan, Anda akan kehilangan kekuatan, baik secara fisik maupun mental.

12. Berjalan kaki memungkinkan Anda untuk menjernihkan pikiran dan perasaan. Bukan hanya latihan yang baik untuk tubuh Anda, berjalan memberikan kesempatan otak anda untuk berkeliaran dengan bebas, membersihkannya dari setiap pikiran yang merepotkan.

13. Minum seporsi jus buah murni. Jus buah mengandung nutrisi yang menghidupkan dan menyegarkan otak. Jus yang baik untuk diminum adalah buah delima (pome), blueberry, dan strawberry yang akan membuat lebih fokus dan energi.

14. Pelajar yang minum kafein sebelum ujian biasanya memiliki nilai lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Hal ini karena kafein merangsang aktivitas di otak, yang menghasilkan kemampuan berfikir untuk lebih fokus. Tapi jangan berlebihan!

15. Menggambar. Seperti lukisan, gambar merangsang sisi kreatif dari otak Anda. Jadi keluarkan beberapa pensil warna dan mulai meningkatkan kemampuan otak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Archive