Senin, 10 Oktober 2011

http://www.gelombangotak.com/cara_pemakaian_brainwave.htm

Player yang di Gunakan
Anda bisa menggunakan semua jenis media player yang bisa memutar Digital Audio File. Mudahnya, semua perangkat yang bisa memutar MP3 juga bisa di gunakan untuk memutar CD Terapi Gelombang Otak ini. Mungkin Anda bisa menggunakan PC, Laptop, CD/DVD player biasa yang terhubung dengan TV, atau MP3 Player biasa seperti merk iP0d dan Philips. Tidak masalah Anda menggunakan merk jenis apa, hasilnya sama saja.

Speaker atau Headphone?
Semua Produk Terapi Gelombang Otak (Brainwave) ini di buat dengan teknologi monaural beats , maka Anda boleh memilih menggunakan speaker atau headphone, kecuali jika ada keterangan menggunakan Benaural Beats, seperti Sharper Brain maka Anda harus menggunakan headphone untuk terapi Sharper Brain ini,  atau ada keterangan menggunakan Monaural Beat dan Binaural Beat seperti Produk Addiction Treatment, maka Anda bisa melakukan terapi dengan memilih audio yang harus pakai Headphone atau tidak.
Penjelasan tentang MONAURAL DAN BENAURAL BEATS. Kalau Anda menggunakan headphone, perhatikan letak kanan dan kirinya. Headphone terdiri dari dua speaker kecil yang di beri tAnda“R” untuk telinga kanan dan “L” untuk telinga kiri. Tidak di haruskan pakai yang stereo. Hanya saja untuk hasil  yang lebih optimal dan lebih nyaman di dengar telinga pakailah yang stereo. Dengan speaker stereo suara akan langsung masuk ke telinga tanpa tercampur suara lain, sehingga otak cepat terstimulasi.
Lebih di sarankan Anda menggunakan headphone untuk menggunakan Terapi Gelombang Otak ini. Terutama jika Anda berada pada tempat yang banyak suara mengganggu. Atau menghindari suara ini di dengar oleh orang yang tidak siap mendengarkannya. Ingat, suara Gelombang Otak (Brainwave) adalah untuk terapi bukan suara musik pada umumnya.
MP3 atau WAV?
Kalau Anda membuka CD/DVD Produk http://www.gelombangotak.com ini di computer atau laptop, maka Anda akan melihat beberapa file, yaitu file berekstensi MP3 dan WAV. Kami menyarankan Anda memilih menggunakan file WAV untuk terapi, karena hasilnya sedikit lebih bagus. File WAV berukuran sekitar 300 MB, lebih besar 5 kali lipat di banding file MP3. Pilih file MP3 jika Anda ingin copy-paste ke HP atau MP3 player yang spacenya kecil, atau jika player yang Anda punya tidak bisa memutar file WAV.
Lebih Lanjut Tentang Cara Pemakaian Terapi Gelombang Otak (Brainwave)
Ada dua cara yang lebih populer untuk menstimulasi otak dengan suara/audio.
1.Binaural Beats
Prinsipnya: apabila 2 gelombang frekwensi f1 dan f2 (telinga kanan dan kiri ) dipadukan menjadi satu, maka secara matematik akan diperoleh hasil sebagai berikut:
  • Frekwensi dasar yaitu f1 dan f2
  • Kelipatan atau harmonik ganjil dari masing2 frekwensi yaitu 3f1, 5f1 dst dan 3f2, 5f2 dst
  • Selisih dan jumlah dari kedua frekwensi dasar tersebut ( f1 – f2) dan (f1+f2).
Tergantung dari aplikasi matematis tersebut, pada penggunaan dan perhitungan untuk otak maka yang direspon “hanya” f1 dan f2 sebagai suara biasa dan ( f1 – f2 ) yang akan direspon oleh otak sebagai gelombang gamma, beta, alpha, theta atau Delta misalnya f1 = 400 hz dan f2 = 410 hz , maka f = 10 Hz direspon otak sebagai gelombang alpha. Maka selisih dua frekwensi yang berbeda ini disebut binaural beat atau pelayangan 2 sinyal. Binaural beat ditemukan dan diselidiki pertama kali oleh Heinrich Wilhelm Dove pada tahun 1839.
Pemakaian Terapi Gelombang Otak dengan Binaural Beat memerlukan dua headphone stereo (kiri dan kanan) atau pemasangan pengeras suara (speaker) yang dipasang tepat disamping kiri dan kanan, agar otak merespon cukup baik untuk hasil yang maksimal.
Ilustrasi teknik binaural beat.
Memerlukan dua headphone stereo untuk hasil yang maksimal.
2. Monaural Beat
Sistem ini juga biasa di sebut Isochronics. Karena dengan sistim Binaural beat diperlukan dua headphone stereo (kiri dan kanan) atau pemasangan pengeras suara (speaker) yang dipasang tepat disamping kiri dan kanan, agar otak merespon cukup baik, maka sistim ini kurang nyaman bagi beberapa orang. Maka dipilih cara lainnya yang lebih baik, yaitu dengan sistem Monaural.

Pada gelombang Monaural, maka baik suara yang didengar ditelinga kiri maupun kanan akan memiliki frekwensi suara dan amplitudo yang sama, hanya kedua sinyal tersebut dimodulasikan dengan impuls/switch on/off (hidup/mati) dengan batasan-batasan irama Gelombang Otak  (Beta, Alpha, Theta, Delta) tersebut disesuaikan dengan target-batasan aktifitas mental yang akan dicapai seseorang.

Stimulasi Gelombang Otak (Brainwave) yang memakai sistim Monaural punya kelebihan tersendiri yaitu tidak memerlukan headphone stereo. Cukup yang speaker/headphone mono atau 1 headphone atau mono-speaker saja hasilnya sudah sama dengan dua headphone stereo jika menggunakan sistem binaural.

CD Brainwave (Terapi Gelombang Otak) yang kami sediakan dibuat dengan memanfaatkan dua teknologi ini, yaitu binaural dan monoaural beats. Untuk mengetahui apakah produk yang Andabeli atau Anda gunakan menggunakan Binaural atau Monaural Beat atau keduanya, silahkan keterangan masing-masing produk.
JANGKA WAKTU PENGGUNAAN
Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, dengarkan CD satu atau dua kali sehari sambil menutup mata, dengan atau tanpa headphone. Bisa juga memutar CD sebagai background aktivitas.Terapi Gelombang Otak akan terasa efeknya dalam satu atau dua minggu pemakaian dengan sehari di degarkan satu kali sehari atau dua kali sehari. Untuk mencapai hasil maksimal perlu waktu satu atau dua bulan.
DILARANG MENGEMUDI

CD Terapi Gelombang Otak memberikan pesan subliminal yang terdengar maupun tidak oleh telinga, tetapi dapat terdengar jelas oleh pikiran bawah sadar.Tidak di anjurkan melakukan Terapi Gelombang Otak (Brainwave) sambil mengemudi, karena saat melakukan terapi Anda masuk dalam kondisi hypnosis.
PERHATIAN !  
Semua terapi gelombang otak di lakukan dengan cara dan langkah-langkah yang sama yaitu sesuai tahap-tahap di bawah. Jika ada tambahan tahap-tahap tertentu sudah saya sertakan pada keterangan yang ada pada bagiannya. Misalnya pada bagian Lucid Dream dan Raga Sukma
Cara Penggunaan Secara Umum
  • Minumlah segelas air sebelum memulai sesi. Terapai Gelombang Otak (Brainwave) memiliki kecenderungan untuk meningkatkan aliran darah, metabolisme dan aktivitas listrik di otak. Hal ini biasa berdampak kekurangan cairan pada tubuh, Anda harus terhidrasi untuk hasil terbaik.
  • Tutuplah mata Anda untuk mengurangi masukan sensorik yang diterima oleh otak, sehingga Anda akan lebih nyaman.
  • Terapi Gelombang Otak dapat mengakibatkan sakit kepala vaskular yang disebabkan oleh peningkatan aliran darah di otak. Untuk mengatasi ini, pijatlah dengan lembut bagian kelopak mata, kulit kepala, dahi, rahang dan telinga.
Sebelum Mendengarkan  Terapi Brainwave/Gelombang Otak:
  • Penggunaan headphone yang berkualitas akan membuat latihan Anda menjadi lebih efektif.
  • Walaupun banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan mendengarkannya. Terapi Brainwave ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan tindakan pengobatan kedokteran.
  • Terapi ini bisa di gunakan juga sebagai environmental music untuk membersihkan, menyeimbangkan dan menentramkan suasana (enersi) di ruangan. Pilihlah seri yang cocok sesuai kebutuhan, perdengarkanlah  Terapi Brainwave melalui speaker terbuka 30 menit sebelum ruangan digunakan dan jika dimungkinkan selama ruangan digunakan.

Waktu Terbaik Menggunakan
 
Setiap audio menggunakan basis gelombang yang berbeda, ada yang menggunakan gelombang tunggal atau beberapa gelombang, untuk mengetahui basis gelombang atau beberapa gelombang yang di gunakan silahkan baca detail produk tiap-tiap audio. Dalam sehari bisa melakukan beberapa terapi, dan waktu yang terbaik untuk setiap terapi adalah tergantung pada basis audio yang di gunakan. Berikut panduan waktu yang lebih baik untuk mendengarkan audio terapi sesuai dengan gelombang yang di gunakan:
  • Gelombang Delta adalah gelombang yang di perlukan pada saat tidur, kondisi terhypnosis, atau mencapai ketenangan yang dalam. Jika yang Anda dengarkan adalah gelombang Delta, jangan di dengarkan saat kerja atau beraktifitas. Waktu yang lebih baik untuk mendengarkannya adalah sore hari, saat istirahat atau malam hari menjelang tidur. Produk yang berbasis gelombang Delta adalah: Deep Sleep, Out of Body, Penyembuhan dan Kesehatan, Beba Stress dan Tinggi Badan.
  • Jika yang Anda dengarkan berisi gelombang beta, saat paling baik digunakan di pagi hari dan bisa menjadi stimulan yang bagus untuk membantu Anda memulai hari. Audio yang berbasis gelombang ini adalah: Brain Booster dan Percaya Diri
  • Sensori Motor Rhytm (SMR) untuk hiperaktif dan anak autis, gelombang ini masuk dalam kategori gelombang beta, baik di dengarkan pada pagi hari.
  • Gelombang Alpha muncul dari otak manusia pada saat kita akan tidur, yakni pada saat peralihan antara sadar dan tidak sadar. Gejala kemunculannya ditAndai dengan mengantuknya mata kita. Gelombang ini juga terjadi pada saat kita mengalami relaksasi dan beristirahat. Jika yang Anda dengarkan adalah audio yang berbasis gelombang Alpha, maka baik di dengarkan pada sore hari, saat istirahar, atau menjelang tidur. Audio terapi yang menggunakan basis gelombang ini antara lain adalah Audio untuk Memperkuat dan Membuka Aura.
  • Gelombang Theta biasa di alami otak pada saat tidur ringan atau mengantuk. Pada saat Anda mendengarkan Terapi Gelombang Otak (Brainwave) yang berbasis Gelombang Theta, Anda akan merasakan itu, tapi jangan sampai tertidur. Untuk mencegah jangan sampai tertidur pada saat sesi Theta, gunakan di sore hari dengan duduk dan posisi tulang belakan lurus seperti saat melakukan meditasi. Jika Anda memiliki kesulitan bersantai di sore hari, coba gunakan di pagi hari, tepat setelah makan siang, atau sebelum tidur. Audio terapi yang menggunakan basis gelombang ini antara lain adalah Audio Meditasi Alpha Theta.
  • Gelombang Gamma untuk Male Sex Power dan Female Sex Power, gelombang gamma mempunyai efek tidak mengantuk, sehingga jika di dengarkan malam hari Anda akan betah tetap jaga, tidak lekas ingin tidur. Jika Terapi yang Anda gunakan menggunakan basis gelombang gamma, maka bisa Anda dengarkan pada waktu yang sesuai. Jangan mendengarkannya pada saat Anda ingin tidur. Gelombang Gamma adalah frekwensi yang terendah dalam amplitudo dan gelombang paling cepat, kebalikan Gelombang Delta, Anda sangat memerlukan gelombang delta untuk tidur lelap.
Saat Mendengarkan Terapi Brainwave/Gelombang Otak (Brainwave):
  • Dengarkanlah CD ini dengan sikap ikhlas, menerima dan terbuka.
  • Hayati sepenuhnya semua suara yang tertangkap oleh telinga Anda.
  • Dalam mendengarkannya, atur posisi sikap senyaman mungkin. Dengan duduk berdiri dan lainnya. Jika didengarkan sambil bekerja, atur volume sesuai dengan keinginan Anda. Bayangkan dan hayati (visualisasi dan afirmasi) doa dan harapan sesuai dengan keinginan Anda.
  • Jika pikiran-pikiran yang tak diundang datang.. Biarkan saja.......dan dengan lembut kembalikan fokus Anda pada penghayatan indera pendengaran Anda.
  • Jika Anda mendengarkannya di tempat umum maka pakailah Headphones, alasannya untuk meminimalisir gangguan suara dari luar. Dengan menggunakan headphones di tempat umum, suara akan langsung masuk ke kepala (otak) tanpa terganggu dengan gelombang suara lain. Alasan lainnya: terapi ini menggunakan gelombang untuk menstimulir otak kita. Beberapa orang yang sensitif dapat merasakan ketidaknyamanan di tubuh fisiknya ketika mendengar musik ini, sehingga ia mungkin saja  bersikap antipati.
Saran Penggunaan
Disarankan untuk menvisualisasikan/membayangkan (mengucapkan dalam pikiran/perasaan Anda berkata) secara berualang-ulang saat mendengarkan atau sebelum memulai sesi. Misalnya Anda sedang melakukan terapi Bebas Stress maka visualisasikan (perasaan Anda berkata) " BEBAS", SANTAI, "RILEKS" berulang ulang. Visualisasi Ini akan memperkuat dan mempercepat efek.
CATATAN
Harap berhati-hati ketika mendengarkan rekaman yang bisa mengubah kondisi otak dimana terdapat orang lain di sekitar Anda. Harap dipastikan bahwa mereka tidak mudah terkena kekejangan (seizures) dan dengan nyaman bersedia menerima bahwa kondisi otaknya sedang distimulasi.
Terapi Brainwave tidak dianjurkan untuk diperdengarkan kepada :
  • Penderita epilepsi
  • Pengguna alat pacu jantung
  • Mereka yang mudah mengalami kekejangan (seizures)
Dianjurkan konsultasi ke dokter sebelum menggunakan Terapi Brainwave, bagi mereka :
  • Mereka yang sedang dalam perawatan pengobatan dokter
  • Wanita hamil*
  • Usia dibawah 18 tahun*
*Hanya untuk kehati-hatian, meskipun efek negatifnya hampir tidak pernah terdengar. Sebelum menggunakan Brainwave, pengguna dibawah usia 18 tahun dan wanita hamil disarankan untuk konsultasi ke dokter untuk diperiksa terhadap kemungkinan mengalami kekejangan (seizures).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Archive